Habbatussauda Melancarkan Peredaran Darah

Habbatussauda Melancarkan Peredaran Darah

Apakah kamu mengetahui tentang sistem peredaran darah pada manusia?. Untuk kali ini kita akan mempelajari tentang sistem peredaran darah pada manusia yang sering terjadi, secara lengkap, Nah..agar lebih jelas lagi, mari langsung saja kita bahas satu persatu.Melancarkan Peredaran Darah

Sistem peredaran darah atau sering dikenal dengan sistem kordiovaskular merupakan sebuah sistem pada organ tubuh manusia yang berguna untuk menyalurkan berbagai zat menuju sel-sel tubuh. Selain itu, juga sistem peredaran darah pada manusia juga memiliki fungsi untuk keseimbangan suhu pada badan dan pH pada tubuh kita.

Apa itu Sistem Peredaran Darah ?

Sistem peredaran darah atau sering juga dikenal dengan sistem kordiovaskular adalah sebuah sistem pada organ tubuh manusia
yang berguna untuk menyalurkan berbagai jenis zat dan menuju sel darah Selain itu. Sistem peredaran darah pada manusia juga memiliki fungsi
untuk keseimbangan suhu badan dan pH pada tubuh kita.

Tak hanya itu saja, sistem peredaran darah pada manusia juga mempunyai peranan yang sangat penting dalam menjaga keberlangsungan metabolisme pada tubuh manusia. Dengan adanya sistem seperti ini, berbagai zat makanan yang dihasilkan oleh sistem pencernaan pun juga dapat disalurkan melalui darah ke seluruh tubuh.

Selain zat makanan, adapun zat lain seperti oksigen dan karbondioksida juga bisa disalurkan ke seluruh tubuh melalui sistem peredaran darah ini.
Sebagai contoh pada sistem pernafasan, pada sistem pernafasan manusia gas oksigen yang diperoleh dari paru-paru akan disebarkan keseluruh tubuh. Sedangkan untuk karbondioksida sendiri merupakan gas sisa dari proses metabolisme tubuh yang di keluarkan manusia sesudah bernapas.
Tidak hanya itu, masih banyak lagi pembahasan mengenai sistem peredaran darah pada manusia.

Habbatussauda Melancarkan Peredaran DarahNah…agar lebih jelas lagi, kali ini kita akan membahas satu persatu mengenai sistem peredaran darah pada manusia dengan lebih detail lagi. Berikut ulasan tentang sistem peredaran darah pada manusia :

Fungsi Sistem Peredaran Darah Manusia

Pada sistem peredaran darah pada manusia, darah merupakan salah satu cairan yang sangat penting bagi tubuh kita. Fungsi darah adalah sebagai pengangkut atau menyalurkan berbagai zat-zat penting di dalam tubuh ke seluruh bagian tubuh manusia. Selain itu masih banyak lagi fungsi dari sistem peredaran darah manusia ini,
diantaranya :

  1. Memiliki peranan penting dalam mengangkut sari-sari makanan ke dalam tubuh kita.
  2. Berfungsi untuk menyalurkan oksigen yang berasal dari organ pernafasan paru-paru ke seluruh tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida.
  3. Memiliki fungsi untuk mengangkut hormon dari tempat produksinya menuju ke beberapa bagian tubuh yang pling membutuhkan.

Organ-organ Sistem Peredaran Darah Manusia

Perlu diketahui bahwa darah tidak dapat mengalir dengan sendirinya tanpa menggunakan alat. Dengan begitu dibutuhkan mesin pemompa darah agar dapat mengalir ke seluruh tubuh. Organ tersebut adalah Jantung. Tak hanya jantung, masih banyak lagi beberapa organ manusia yang ada kaitannya dengan sistem peredaran darah pada manusia ini. Nah…agar lebih jelas lagi berikut beberapa organ pada sistem peredaran darah pada manusia

Organ Jantung

Jantung adalah salah satu organ vital pada tubuh manusia, yang Letak organ jantung ini berada di dalam rongga dada serta dilapisi oleh membran pelindung yang disebut dengan Perikardium. Pada dinding jantung sendiri terdiri dari beberapa jaringan padat yang membentuk otot jantung dan fibrosa.

Organ jantung pada manusia mempunyai 4 ruang, yaitu: Ventrikel kanan dan kiri serta Atrium kiri dan kanan. Apabila dibandingkan dengan dinding ventrikel, dinding Atrium ini bentuknya lebih tipis. Hal ini disebabkan karena bagian ventrikel pada jantung tersebut harus bekerja lebih kuat supaya dapat memompa darah ke seluruh bagian tubuh manusia.

Organ Pembuluh Darah

Pembuluh darah merupakan jalur bagi darah yang mengalir dari jantung ke seluruh bagian tubuh dan begitupun sebaliknya. Pembuluh darah ini terbagi menjadi 3 macam, yaitu:

a. Pembuluh Kapiler

Merupakan pembuluh darah kecil yang memiliki diameter kurang lebih sebesar sel darah, yaitu sekitar 7,5 µm. Meskipun pembuluh yang satu ini memiliki diameter yang sangat kecil, kuantitas kapiler yang timbul berasal dari sebuah arteriol yang tergolong besar. Pada orang dewasa biasanya terdapat sekitar 90.000 kapiler.
Kemudian pada dinding kapiler terdiri dari satu lapisan yaitu sel epitel yang permiabel daripada membran plasma sel, Lalu untuk Asam Amino, Glukosa,
Oksigen serta berbagai ion dan zat lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh, dengan mudah akan berdifus melalui dinding kapiler ke dalam cairan Interstitium yang mengikuti gradien konsentrasinya.
Begitupun sebaliknya limbah nitrogen, karbondioksida serta hasil metabolisme lain juga akan mudah berdifusi dalam darah.

b. Pembuluh Vena

Atau sering juga disebut dengan pembuluh balik adalah pembuluh yang memiliki darah yang mengalir ke jantung. Pembuluh balik sendiri terdiri dari 3 lapisan yaitu seperti pembuluh arteri. Adapun susunannya dari dalam ke luar adalah Endotel, Otot polos dan jaringan elastik serta jaringan ikat fibrosa.

c. Pembuluh Nadi

Pembuluh nadi (pembuluh arteri) adalah pembuluh darah yang berasal dari jantung menuju kapiler. Arteri Vertebrata dilapisi oleh endotel dan juga miliki dinding yang tidak tipis dan terdapat kandungan otot polos serta jaringan ikat elastis/

d. Cairan Darah
e. Plasma Darah

Sel-sel Darah

1. Sel darah merah (Eritrosit)

Merupakan anggota terbesar dari sel darah yaitu sekitar 99 %. Eritrosit berbentuk bikonkaf, yaitu bulat, pipih, tengahnya cekung, sering berada terhadap kondisi bertumpukan satu sama lain.

2. Keping darah (Trombosit)

Berbentuk kecil, tidak teratur, berkelompok membentuk kepingan-kepingan di didalam darah dan tidak berinti.

3. Sel darah putih (Leukosit)

Memiliki ukuran lebih besar dibanding Eritrosit, tidak berpigmen, dan miliki inti yang bentuknya berfariasi.

Adapun hadist Habbbatussauda:

Dalam Ash-Shohihain diriwayatkan hadist dari Ummu Salamah dari Abu Hurairah R.A, bahwa Rasulullah SAW bersabda:

“Hendaklah kalian mengkonsumsi Habbatussauda’ , karena didalamnya terdapat kesembuhan dari setiap penyakit, kecuali sa-am. Sedangkan sa-am artinya kematian.”

Melihat dari hadist di atas khasiat habbatussauda sangat banyak termasuk untuk melancarkan peredaran darah sehingga badan menjadi lebih sehat dan bugar.

Informasi habbatussauda habbasyah, dapat langsung menghubungi :

Call / Whatsapp : 0823 – 1063 – 1803