Manfaat Habbatussauda

Manfaat Habbatussauda

"Sesungguhnya di dalam Habbatussauda itu terdapat obat untuk segala macam penyakit kecuali maut" - (HR. Bukhori & Muslim).

Seperti hadist di atas manfaat habbatussauda atau jinten hitam begitu banyak. Perlu banyak waktu untuk mengupas beragam manfaat yang ada di dalam jintan hitam sebab sangatlah banyak manfaat yang dapat diulik dan pahami sebagai pengetahuan dan wawasan mengenai jinten hitam. Berikut ragam manfaat yang terdapat dalamnya yang perlu kamu ketahui, tetapi sebelum mengetahui manfaat nya, kenali dulu apa itu habbatussauda?

Habbatussauda atau Jintan Hitam memiliki nama Nigella Sativa (Linn), merupakan salah satu dari sekian banyak rempah-rempah yang dapat digunakan sebagai tanaman atau obat herbal. Bentuk rempah tersebut merupakan butiran biji berwarna hitam yang sudah diketahui ribuan tahun lalu dan sudah digunakan secara meluas oleh masyarakat Timur Tengah, India & Pakistan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Jenis tanaman ini diketahui sebagai obat herbal dalam perkembangan agama Islam.

Manfaat Habbatussauda

Walaupun bentuk rupa jintan hitam menyerupai biji kopi tetapi biji jintan hitam memiliki perbedaan yang perlu kamu ketahui. Berbeda dengan biji kopi, bentuk biji jintan hitam lebih kecil dari pada biji kopi dan aromanya pun sudah pasti jelas berbeda.

Habbatussauda memiliki banyak nama lain, diantaranya adalah black seed, black caraway, natura seed, black cumin, nigella sativa, kaluduru dan jintan hitam dimana masyarakat Indonesia menyebutnya.

Manfaat Habbatussauda menurut Hadist

Habbatussauda ini sudah dijelaskan oleh Rasulullah memiliki banyak manfaat Nabi Muhammad SAW bersabda: “Pada Habbatussauda ada obat bagi segala jenis penyakit kecuali Al-Sam, yaitu maut”, hadist tersebut diriwayatkan oleh Bukhori (10:118-119), Muslim (7:25), Ibnu Majah (2:342), Tirmidzi (2:3 pada edisi BulaQ), dan Ahmad (2:241) meneruskan riwayat Sufyan bin ‘Uyainah dari Al-Zuhri dan Abu Salamah.

Manfaat Habbatussauda bagi kesehatan tubuh manusia

Ilmuan yang berasal dari Persia bernama Ibnu Sina, yang pertama kali menyadari manfaat habbatussauda bagi kesehatan tubuh. Awalnya Ibnu Sina si pemilik jurnal medis yang berjudul Canon of Medicine ini hanya menggunakan habbatussauda sebagai obat untuk mengatasi gejala asma dan sesak nafas saja.

Hebat nya, Habbatussauda tidak seperti tanaman obat herbal lainnya yang manfaat khasiatnya yang cenderung tidak dibuktikan melalui peneliti secara ilmiah. Manfaat habbatussauda sudah banyak dibuktikan melalu penelitian secara ilmiah yang hasilnya benar-benar dapat dipertanggung jawabkan, berikut diantaranya:

1. Habbatussauda mengatasi penyakit Diabetes Tipe 1

Pada Tahun 2014, Universitas Teknologi Mara, Malaysia melakukan penelitian yang menghasilkan fakta bahwa injeksi Thymoquinone yang terdapat di dalam ekstrak habbatussauda telah terbukti dapat memperlambat dan bahkan menghentikan gejala penyakit diabetes tipe 1 secara total.
Bukan hanya itu saja, tim dari Universitas Zagazig, Mesir melalukan penelitian dan menemukan fakta menarik, bahwa ekstrak habbatussauda yang dicampurkan dengan beberapa bahan rempah-rempah khas Timur Tengah terbukti dapat menurunkan kadar gula pada darah tikus lab yang dijadikan sebagai bahan penelitian.
Itu lah sebabnya mengapa produk Habbatussauda diyakini dapat mengobati penyakit diabetes tipe 1.

2. Menormalkan Tekanan Darah Tinggi

Para peneliti yang berasal dari Shahrekord University of Medical Science, Iran membuktikan manfaat habbatussauda terkait tekanan darah tinggi. Menurut hasil penelitian mereka, mengkonsumsi pil yang terbuat dari ekstrak habbatussauda dalam kurun waktu 60 hari dan dikonsumsi secara teratur telah terbukti dapat menurunkan tekanan dari tinggi skala medium menjadi normal.

3. Menurunkan Kadar Kolesterol

Dengan cara mengkonsumsi pil ekstrak habbatussauda akan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh manusia, tetapi cara tersebut hanya berpengaruh pada seseorang yang kadar kolesterolnya tinggi saja.

4. Melawan Sel Kanker dalam tubuh

Para ilmuan sudah membuktikan bahwa habbatussauda ini bermanfaat sebagai anti-tumor bagi tubuh manusia. Hal tersebut dipublikasikan di Kongres Kanker Internasional di New Delhi, oleh para ilmuwan kanker dari Immuno-Biology Laboratory di South California.
Bahkan habbatussauda bermanfaat untuk merangsang sumsum tulang dan sel-sel kekebalan di dalam tubuh, yang dapat menghancurkan sel-sel tumor dan memperkuat antibodi tubuh. Menurut hasil penelitian juga menyebutkan bahwa zat yang terkandang di dalam habbatussauda berupa thymoquinone dan thymohydroquinone ini terbukti dapat menurunkan 52% sel tumor.

5. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Habbatussauda memiliki kandungan senyawa antioksidan etanol yang tinggi. Nah, selain membantu menghambat pertumbuhan sel kanker, kandungan senyawa antioksidan yang terdapat dalam Habbatussauda ini juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dalam tubuh.
Berdasarkan pemaparan dari Profesor G Reimuller, seorang Direktur Institut Immunologi dari Universitas Munich, mengungkapkan bahwa, habbatussauda berperan untuk memperuat imun tubuh, sehingga tubuh dapat lebih kuat dalam menangkal serangan penyakit.
Kandungan nutrisi di dalam seperti protein, vitamin, mineral ini sangat ampuh dalam mencegah reaksi peradangan pada tubuh. Selain itu juga bermanfaat untuk menjaga stamina tubuh dan mengontrol keseimbangan hormonal di dalam tubuh.
Jika anda sering mengalami sakit kepada, bisa jadi akibat beban kerja, stres atau penyebab lainnya, anda dianjurkan untuk mengonsumsi habbatussauda.
Bahkan untuk anda yang mengalami masalah asam lambung (gastritis) maka konsumsi habbatussauda tidak banyak membantu. Hal utama yang perlu dilakukan dalam mengatasi asam lambung adalah hindari makanan yang sangat pedas dan asam.
Terdapat beberapa bukti ilmiah yang menunujukan kandungan di dalam habbatussauda mampu secara efektif untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, termasuk bisa bekerja untuk menangkal perkembangan kanker dan menurunkan reaksi alergi dari efek antihistamin.

6. Mencegah dan mengatasi masuk angin dan kembung

Selanjutnya manfaat habbatussauda sebagai bahan alami untuk mencegah dan mengatasi sakit masuk Angin. Herbal iniĀ memiliki kandungan senyawa yang bersifat karsinatif. Ketika dikonsumsi, kandungan senyawa yang ada di dalamnya akan membantu mengeluarkan gas berlebih yang ada dalam perut. Tidak hanya itu, konsumsi habatussauda nanti nya juga akan menghadirkan rasa hangat dan nyaman di area sekitar perut.

7. Habbatussauda untuk mengobati penyakit asma dan pernafasan

Seperti yang telah disebutkan di atas, pada jurnal medis berjudul Canon of Medicine, Ibnu Sina mengatakan bahwa Habbatussauda dapat dijadikan sebagai bahan alami untuk mengobati penyakit asma dan berbagai macam permasalahan pernafasan lain nya.
Dalam praktek nya, saat ini pengobatan penyakit asma dan gangguan pernafasan menggunakan Habbatussauda banyak dilakukan dengan cara mengoleskan minyak Habbatussauda ke bagian dada

8. Habbatussauda dapat menurunkan berat badan

Manfaat habbatussauda selanjutnya adalah untuk menurunkan berat badan. Untuk anda yang ingin mendapatkan berat badan ideal makanĀ  habbatussauda bisa jadi solusi yang bisa anda pertimbangkan.
Habbatussauda ini akan membantu tubuh kita untuk membantu menekan nafsu makan yang berlebihan. Berdasarkan penelitian membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi tiga gram jintan hitam yang dicampurkan ke dalam yogurt.
Cara tersebut terbukti dapat membantu membakar lemak lebih efektif. Indeks massa tubuh akan menurun, penurunan ukuran lingkar pinggang, dan penurunan massa lemak tubuh. Tentu ini menjadi berita gembira untuk anda yang ingin memiliki berat badan ideal.

9. Menguatkan daya ingat dan konsentrasi

Habbatussauda dapat meningkatkan daya ingat serta konsentrasi anda lebih optimal. Hal ini dikarenakan habbatussauda mengandung asam linoleat (omega 6 dan omega 3) yang sangat penting keberadaannya untuk perkembangan sel otak yang baik yang bermanfaat untuk menjaga kemampuan daya ingat dan daya pikir.
Berbagai nutrisi di dalam habbatussauda dapat memperlancar peredaran darah ke otak. Mengonsumsi jintan hitam ini berfungsi sebagai energi bagi otak, serta menurunkan resiko pikun pada seseorang. Manfaatnya juga mampu mencegah kerusakan otak akibat timbal dan racun yang beresiko merusak organ otak.

10. Dapat mencegah penyakit alzhaimer

Manfaat habbatussauda yang luar biasa selanjutnya adalah untuk mencegah alzheimer. Para peneliti memaparkan bahwa habbatussauda bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan berpikir, memperkuat perhatian dan kewaspadaan, serta bisa memulihkan ingatan.

11. Habbatussauda untuk kesehatan kulit

Manfaat yang selanjutnya dimiliki habbatussauda adalah menjaga kesehatan kulit manusia. Caranya dapat meminum ekstrak habbatussauda yang berbentuk kapsul atau mengoleskan minyak habbat pada kulit langsung.
Habbatussauda juga mengandung vitamin dan omega yang bermanfaat untuk melembutkan dan menghaluskan kulit. Selain itu, manfaatnya juga mampu untuk mencegah munculnya tanda penuaan dini (anti-aging).
Tidak hanya itu saja, minyak jintan hitam ini juga mampu mengurangi rasa sakit dan iritasi pada kulit. Dengan memiliki sifat anti peradangan, maka habbatussauda ini bisa Anda manfaatkan untuk mengatasi masalah jerawat. Untuk penggunaannya bisa dengan mengolesan minyak jintan hitam.
Untuk penggunannya, pertama-tama oleskan minyak Jintan Hitam pada wajah (sebelumnya wajah dibasahi dan dibersihkan dengan air), lalu diamkan selama 15 menit, terakhir bilas wajah hingga bersih. Lakukan seminggu beberapa kali untuk manfaat mempertahankan keremajaan kulit.
Bagi Anda yang ingin memulai mengkonsumsi ekstrak habbatussauda, kami sarankan untuk memilih produk yang berkualitas baik dan jelas namanya, agar tidak salah membeli dan mendapat produk yang tidak asli. Produk yang berkualitas adalah produk yang sudah teruji oleh departemen kesehatan dan sudah mendapat sertifikat halal, maka kami sarankan untuk mengkonsumsi HabbaSyifa yang sudah teruji oleh departemen kesehatan dan sudah dapat dibuktikan khasiat dan manfaatnya baik bagi tubuh.

Untuk mendapatkan produk HabbaSyifa Anda dapat menghubungi No.Tep/Whatsapp:

0823-1063-1803.